informal assesment (penilaian informal) adalah penilaian yang dilakukan diluar batas standar penilaian pendidikan. informal assesment bertujuan memberikan nilai tambahan kepada peserta didik dimana siswa tersebut mempunyai kemampuan yang kurang memadai. dengan adanya penilaian informal, maka diharapkan peserta didik yang memiliki nilai minus akan dapat meningkatkan nilai dengan cara tersebut.
Penilaian
informal melibatkan interaksi dalam ruangan kelas ketika para guru menilai
perilaku siswa-siswa mereka. Ketika seorang guru mengililingi ruangan mengecek
siswa yang sedang mengerjakan tugas mereka, mengamati seorang siswa membaca
sebuah paragraf dengan nyaring, atau mengamati tiga siswa yang bekerja secara
kooperatif pada sebuah proyek kelas, maka dapat dikatakan bahwa guru tersebut
sedang melakukan penilain informal. Penilaian informal juga termasuk ketika
guru bertanya kepada siswa dan memperhatikan tanggapan siswa
selanjutnya dapat di lihat link di bawah ini.
www.handoko_alex@iseng.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar